Saturday, November 9, 2019

Terbaik Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah 2015 Padamu Negeri

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Berdasar pada share Info dari Padamu Negeri Kemdikbud pada Rakor BPSDMPK - PMP Kemdikbud di P4TK Penjas dan BK yang masih berlangsung pada tanggal 24 - 27 Februari 2015 yang lalu, bahwasannya akan dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.

Seperti halnya pada Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah, Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah juga terdiri dari 4 Dimensi yang tentu saja berbeda ialah :

1.   Supervisi Manajerial
2.   Supervisi Akademik
3.   Penelitian dan Pengembangan
4.   Evaluasi Pendidikan


Dari masing-masing Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah di atas mempunyai beberapa Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.

Berikut Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2015 selengkapnya :

1.  SUPERVISI MANAJERIAL

a.  Menguasai metode, teknik dan prinsip- prinsip supervisi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
·       Menerapkan prinsip-prinsip supervisi manajerial untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah
·       Menerapkan metode supervisi manajerial
·       Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
·       Menerapkan teknik supervisi manajerial untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
b.   Menyusun kegiatan kepengawasan menurut visi-misi-tujuan dan kegiatan pendidikan di sekolah
·       Menganalisis kebutuhan kegiatan kepengawasan supervisi manajerial
·    Membagankan kegiatan kepengawasan supervisi manajerial menurut visi, misi, tujuan dan kegiatan pendidikan di sekolah
·  Merancang kegiatan kepengawasan supervisi manajerial menurut visi, misi, tujuan dan kegiatan pendidikan di sekolah
c.   Menyusun metode kerja dan instrumen yang dibutuhkan untuk melaksanakan kiprah pokok dan fungsi pengawasan disekolah
·       Merancang metode kerja pengawasan yang efektif
·       Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsi pengawasan
·       Menerapkan metode kerja dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsi pengawasan
·       Menyusun instrument kepengawasan
·       Mengunakan insrumen kepengawasan
d. Menyusun laporan hasil-hasil pengawas dan menindaklanjutinya untuk perbaikan kegiatan pengawasan berikutnya di sekolah
·       Menganalisis hasil supervisi manajerial
·       Menyusun laporan hasil supervisi manajerial
·       menyusun kegiatan tindaklanjut hasil kepengawasan
e. Membina kepala sekolah dalam pengelolaan dan manajemen satuan pendidikan menurut manajemen peningkatan mutu pendidikan di sekolah
·       Melaksanakan training dalam pengelolaan satuan pendidikan sesuai 8 SNP
·       Melaksanakan training dalam penyusunan manajemen sekolah
·       Membina kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling di sekolah
·    Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam menganalisis permasalahan layanan bimbingan konseling di sekolah
·       Mengarahkan kepala sekolah dan guru dalam melaksanakan bimbingan konseling
f. Mendorong guru dan kepala sekolah dalam merefleksikan hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan kiprah pokoknya di sekolah
·       Meningkatkan motivasi guru untuk melaksanakan refleksi terhadap kiprah pokoknya
·    Meningkatkan motivasi kepala sekolah dalam merefleksikan proses dan hasil-hasil pengelolaan dan manajemen sekolah
g. Memantau pelaksanaan standar nasional pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala sekolah
·       Menilai pencapaian pelasanaan 8 Standar Nasional Pendidikan di sekolah
·   Membuat rekomendasi hasil pemantauan untuk penyusunan kegiatan sekolah dalam upaya pemenuhan 8 SNP

2.  SUPERVISI AKADEMIK

a.  Menyusun planning pengawasan akademik (RPA)/ planning pengawasan bimbingan konseling (RPBK)
·       Menegaskan jenis-jenis kegiatan yang akan dilakukan
·       Merumuskan tujuan supervisi akademik
·       Menganalisis kesesuaian antara komponen dan isi pada RPA/RPBK
b.   Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Mencerahkan guru ihwal konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
· Melatih guru memakai konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
c.   Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
·  Mencerahkan guru ihwal konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
·  Melatih guru memakai konsep, prinsip, teori/teknologi, karakteristik, dan kecenderungan perkembangan proses pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
d. Membimbing guru dalam menyusun silabus tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
·       Membimbing guru menganalisis SK dan KD
·       Mencerahkan guru merumuskan indikator pencapaian kompetensi
·       Membimbing guru dalam menentukan bahan pelajaran.
·       Membimbing guru menentukan kegiatan pembelajaran.
e. Membimbing guru dalam menentukan dan memakai strategi/ metode/ teknik pembelajaran/ bimbingan yang sanggup membuatkan banyak sekali potensi siswa melalui tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Membimbing guru dalam menentukan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang sanggup membuatkan banyak sekali potensi siswa
· Mencontohkan guru pelaksanaan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang sanggup membuatkan banyak sekali potensi siswa.
f.    Membimbing guru dalam menyusun planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
· Membimbing guru memperkirakan strategi/ metode/ teknik pembelajaran yang sanggup membuatkan banyak sekali potensi siswa.
·       Membimbing guru dalam merumuskan tujuan pembelajaran
·       Mengarahkan guru dalam menyusun bahan pembelajaran
·       Mengarahkan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran
·       Membimbing guru menentukan sumber belajar
·       Membimbing guru merancang evaluasi hasil belajar.
g.   Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran /bimbingan (di kelas, laboratorium, dan/ atau di lapangan) untuk tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
·       Mencerahkan guru dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang telah disusun pada RPP
·       Membimbing guru melaksanakan penugasan terstruktur dan kegiatan berdikari tidak terstruktur
h.   Membimbing guru dalam mengelola, merawat, membuatkan dan memakai media pendidikan dan akomodasi pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
·       Mengarahkan guru dalam mengatur akomodasi pembelajaran.
·  Membimbing guru mencontohkan media pembelajaran. yang paling sempurna sesuai dengan karakteristik masing-masing KD
·       Membimbing guru menemukan media pembelajaran
i.  Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam pembelajaran/ bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran.
·       Mengarahkan guru memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (TIK) dalam pembelajaran
·       Menilai guru untuk memanfaatkan TIK dalam pelaksanaan proses pembelajaran.

3.  PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

a.   Menguasai banyak sekali pendekatan, jenis, dan metode penelitian dalam pendidikan
·       Membandingkan karakteristik banyak sekali pendekatan dalam penelitian
·       Mengklasifikasi banyak sekali jenis penelitian
b.  Menentukan problem kepengawasan yang penting diteliti baik untuk keperluan kiprah pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya sebagai pengawas
·       Melatih kepala sekolah dalam mengidentifikasi problem penelitian pendidikan
·       Merumuskan problem penelitian pendidikan
c. Menyusun tawaran penelitian pendidikan baik tawaran penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif
·       Mencerahkan tujuan penelitian
·       Menyusun landasan teori
·       Menentukan metodologi penelitian
d. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan problem pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi kiprah pokok tanggung jawabnya
·       Memilih dan Mengembangkan instrumen penelitian
·       Mengumpulkan data
e. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan baik data kualitatif maupun data kuantitatif
·       Mentabulasi data hasil penelitian
·       Menganalisis data penelitian
·       Menginterpretasikan data hasil penelitian
f.  Menulis karya tulis ilmiah (KTI) dalam bidang pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan mutu pendidikan
·       Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) hasil penelitian
·       Menyusun penulisan karya ilmiah (artikel) non hasil penelitian
·       Mempublikasikan karya tulis ilmiah untuk perbaikan mutu pendidikan
g. Menyusun pedoman/panduan dan atau buku/modul yang dibutuhkan untuk melaksanakan kiprah pengawasan di sekolah
·       Menyusun buku pedoman kiprah kepengawasan
·       Menyusun buku pedoman kinerja kepengawasan
h.   Memberikan bimbingan kepada guru ihwal penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
·       Mencerahkan guru dalam mengidentifikasi problem PTK
·       Menemukan topik/judul PTK
i.    Memberikan bimbingan kepada guru ihwal penelitian tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di sekolah menengah kejuruan
·       Merumuskan problem penelitian PTK
·       Mengarahkan alternatif tindakan dalam PTK
·       Mengarahkan guru dalam penyusunan kerangka teori yang berafiliasi dengan topik penelitian
·       Mencerahkan guru ihwal tahapan siklus dalam PTK

4.  EVALUASI PENDIDIKAN

a. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
·       Menentukan kriteria ketuntasan minimal kompetensi dasar
·       Menentukan indikator keberhasilan pembelajaran
b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
· Membimbing guru dalam membedakan aspek-aspek penting yang dinilai sesuai dengan karakteristik akseptor didik
·    Membimbing guru dalam mengkategorikan aspek-aspek evaluasi yang sesuai dengan tuntutan pencapaian kompetensi dasar
·   Melatih guru dalam menentukan aspek-aspek penting yang dinilai dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata pelajaran/ bidang pengembangan
c.   Menilai kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah lainnya dalam melaksanakan kiprah pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran
·       Menentukan aspek-aspek evaluasi kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
·    Memilih perangkat evaluasi yang sempurna dipakai untuk menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
·   Menilai kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah dalam melaksanakan kiprah pokok dan tanggung jawabnya
d. Memantau pelaksanaan pembelajaran/ bimbingan dan hasil mencar ilmu siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran
·       Menentukan aspek-aspek pemantauan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran
·       Menyimpulkan hasil pemantauan kinerja guru dalam pembelajaran
·       Menilai tingkat kesesuaian antara perencanaan dengan pelaksanaan pembelajaran
e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil evaluasi untuk kepentingan pendidikan dan pembelajaran/bimbingan tiap bidang pengembangan atau mata pelajaran dalam rumpun mata pelajaran yang relevan
·       Melatih guru dalam menganalisis hasil penilaian
·       Mengarahkan guru dalam memanfaatkan hasil analisis untuk menyusun kegiatan tindaklanjut
f.    Mengolah dan menganalisis data hasil evaluasi kinerja kepala sekolah, kinerja guru dan staf sekolah
·       Menyeleksi data hasil evaluasi kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
·       Menganalisis data hasil evaluasi kinerja kepala sekolah, guru, dan staf sekolah
·       Menyusun kegiatan tindak lanjut dalam rangka perbaikan kinerja yang bersangkutan

Download Kisi-kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah tahun 2015, silahkan klik pada links sumber artikel berikut di links berikut atau pada links unduh alternatif dengan klik di sini

Sedangkan untuk mengetahui sekaligus download/unduh Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 Padamu Negeri pada links artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

No comments:

Post a Comment