Sunday, November 10, 2019

Terbaik Kisi-Kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 Padamu Negeri

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Berdasarkan share Info dari laman Padamu Negeri Kemdikbud, pada Rakor BPSDMPK - PMP Kemdikbud di P4TK Penjas dan BK yang masih berlangsung pada tanggal 24 s.d. 27 Februari 2015 yang lalu, bahwasannya akan dilaksanakan aktivitas Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Pengawas khusus naungan Kemdikbud se-Indonesia pada tanggal 23 - 28 Maret 2015.

Kompetensi Kepala Sekolah yang terdiri dari 4 Dimensi adalah :

1.   Kompetensi Manajerial
2.   Usaha Pengembangan Sekolah
3.   Kewirausahaan
4.   Supervisi

Dari masing-masing Kompetensi Kepala Sekolah di atas mempunyai beberapa Kompetensi, dan masing-masing kompetensi terdapat beberapa Indikator.


Berikut Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah Tahun 2015 :

1.  MANAJERIAL

a.   Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk banyak sekali tingkatan perencanaan
·       Merumuskan visi sekolah/madrasah
·       Membedakan rumusan visi dan misi
·       Merumuskan misi sekolah/madrasah
·       Membedakan rumusan misi dan tujuan sekolah/madrasah
·       Merumuskan tujuan sekolah/madrasah
·       Membedakan rumusan visi dan tujuan sekolah/madrasah
·       Menyusun planning kerja sekolah/madrasah
·       Menyusun perencanaan penilaian jadwal sekolah/ madrasah
·       Mengarahkan perencanaan penilaian program
b.   Memimpin sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya secara optimal
·       Menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan bahaya sekolah/madrasah
·       Memaksimalkan sumberdaya sekolah/madrasah dalam perencanaan dan pelaksanaan program
c.  Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang aman dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik
·  Mengaitkan budaya sekolah/madrasah dengan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif.
·       Mengarahkan tumbuhnya iklim yang memotivasi timbulnya prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan psikologis peserta didik
·       Mencerahkan peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dalam meningkatkan prestasi belajar
d.   Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya insan secara optimal
·       Menganalisis kebutuhan guru dan staf
·       Menugaskan guru dan staf sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
·       Melatih guru dan staf dalam peningkatan keprofesian berkelanjutan
·     Menerapkan prinsip penghargaan dan training untuk meningkatkan motivasi kerja guru dan staf
e.   Mengelola sarana dan prasarana sekolah/ madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal    Menganalisis kebutuhan sarana prasarana
·       Menganalisis kebijakan jadwal tertulis mengenai pengelolaan sarana prasarana
·       Memaksimalkan penggunaan sarana prasarana yang ada di lingkungan sekolah/madrasah
·   Memaksimalkan pemeliharaan dan pendayagunaan sarana prasarana dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan
f. Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan, dan pengembangan kapasitas peserta didik       Menyeleksi peserta didik gres (PPDB)
·       Melaksanakan PPDB secara objektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif
·    Melaksanakan orientasi peserta didik gres yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan
·       Mengarahkan peserta didik sesuai kompetensi, bakat, dan minat
g. Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien    Menyusun RKAS
·       Melaksanakan pengelolaan keuangan sekolah/madrasah secara transparan dan akuntabel
·       Mengevaluasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah/madrasah (RKAS)
h. Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah / madrasah        
·       Membuat daftar urut kepangkatan pegawai
·       menerapkan pelayanan operasional standar ketatausahaan sekolah/madrasah
i. Melakukan monitoring, mengevaluasi, dan pelaporan pelaksanaan jadwal aktivitas sekolah/madrasah dengan mekanisme yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya            
·       Menganalisis kinerja sekolah/madrasah melalui Evaluasi Diri Sekolah/madrasah
·       Melaksanakan tindak lanjut hasil monitoring dan penilaian jadwal sekolah/madrasah

2. USAHA PENGEMBANGAN SEKOLAH

a.   Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan
·       Menganalisis kiprah dan fungsi sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
·       Merancang struktur organisasi sekolah/ madrasah sesuai hasil analisis kiprah dan fungsi
·       Melaksanakan rincian kiprah dan fungsi pengembangan struktur organisasi
·       Mengevaluasi keterlaksanaan kiprah dan fungsi sesuai dengan struktur organisasi
b.   Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/ madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif
·       Mengembangkan perangkat yang menunjang organisasi pembelajar
·       Mengembangkan suasana mencar ilmu yang aman bagi seluruh warga sekolah/madrasah
·       Merumuskan prinsip-prinsip penilaian pengembangan perangkat organisasi pembelajar
c. Mengelola korelasi sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian sumbangan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah
·       Menggali bentuk sumbangan masyarakat / stakeholder dalam penyelenggaraan pendidikan
·       Membangun kemitraan dalam pengembangan sekolah/madrasah
·       Menggali sumber daya yang berasal dari masyarakat/ pemangku kepentingan untuk mendukung penyelenggaraan pendidikan
d.   Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional
·       Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi
·       Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses
·       Mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian
·       Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan
e.   Mengelola unit layanan khusus sekolah/ madrasah dalam mendukung aktivitas pembelajaran aktivitas peserta didik di sekolah/madrasah
·       Merumuskan tujuan layanan khusus
·       Menyusun jadwal unit layanan khusus sekolah
·       Mensinergikan unit layanan khusus sekolah dengan pelaksanaan pendidikan abjad di sekolah
·       Mengevaluasi jadwal unit layanan khusus sekolah
f.    Mengelola sistem info pendidikan di sekolah/ madrasah dalam mendukung penyusunan jadwal dan pengambilan keputusan
·       Menyusun jadwal Sistem Informasi Sekolah (SIS)
·       Meningkatkan kiprah warga sekolah dalam memberdayakan Sistem Informasi Sekolah (SIS)
·       Menggunakan Sistem Informasi Sekolah (SIS) dalam membantu pengambilan keputusan
g.   Memanfaatkan kemajuan teknologi info bagi peningkatan pembelajaran dan administrasi sekolah/madrasah
·       Menerapkan pemanfaatan teknologi info dalam pengolahan data
·       Menerapkan pemanfaatan teknologi info dalam penyampaian info sekolah
·       Memfasilitasi guru dalam merancang model pembelajaran berbasis ICT
·       Memfasilitasi guru dalam mengevaluasi model pembelajaran berbasis ICT
h.   Kepemimpinan Pembelajaran
·  Mengembangkan taktik dalam peningkatan prestasi akademik seluruh siswa secara berkelanjutan
·       Memecahkan dilema peningkatan prestasi belajar.
·       Melaksanakan jadwal peningkatan prestasi belajar.
·       Menilai pelaksanaan jadwal peningkatan prestasi belajar.
i.    Membangun kultur pembelajaran yang progresif dan aman di sekolah biar hasil mencar ilmu siswa sanggup mencapai sasaran optimal
·       Menganalisis lingkungan mencar ilmu yang kondusif
·       Mendukung iklim pembelajaran akademis
·       Memaksimalkan penyesuaian positif seluruh warga sekolah biar menjadi komunitas pembelajar
j.    Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran
·       Mengarahkan warga sekolah dalam mengatasi permasalahan pembelajaran
·       Menganalisis komitmen warga sekolah untuk melaksanakan hal yang terbaik
·       Menjalin jejaring sekolah untuk optimalisasi proses dan hasil pembelajaran
k.   Melibatkan pemangku kepentingan dalam menuntaskan permasalahan pembelajaran
·  Menetapkan harapan-harapan yang tinggi bagi warga sekolah dalam pelaksanaan kiprah dan tanggung jawabnya
·   Memfasilitasi warga sekolah untuk melaksanakan eksperimentasi, prakarsa budpekerti dan hal-hal gres dalam pembelajaran
l.  Meningkatkan hasil mencar ilmu warga sekolah melalui peningkatan mutu proses pembelajaran secara berkelanjutan
·       Melakukan pengembangan kurikulum yang berkelanjutan
·       Memaksimalkan kiprah organisasi profesi untuk meningkatkan profesionalisme warga sekolah

3. KEWIRAUSAHAAN

a.   Menciptakan penemuan yang berkhasiat bagi pengembangan sekolah/ madrasah
·       Merancang penemuan untuk pengembangan sekolah/ madrasah
·       Menciptakan gagasan kreatif dalam pengembangan sekolah
b.   Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
·       Merancang taktik dalam membangun budaya kerja keras
·       Menerapkan taktik untuk membangun budaya kerja keras
·       Membangun etos kerja untuk mencapai keberhasilan sekolah
c.   Memiliki motivasi yang besar lengan berkuasa untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/ madrasah
·       Menunjukkan keinginan yang besar lengan berkuasa untuk sukses
·       Melakukan upaya-upaya positif untuk mencapai sasaran yang ditetapkan
d.  Pantang mengalah dan selalu mencari solusiterbaik dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah/madrasah
·       Memperhitungkan risiko yang muncul akhir upaya yang dilakukan
·       Merumuskan alternatif solusi dalam menghadapi hambatan yang dihadapi sekolah
e.   Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola aktivitas produksi/jasa sekolah/ madrasah sebagai sumber mencar ilmu peserta didik
·       Membangun kemandirian dalam mengelola sumber daya sekolah
·       Menggunakan peluang untuk memaksimalkan aktivitas sekolah

4. SUPERVISI

a.   Merencanakan jadwal supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
·       Menyusun jadwal supervisi akademik
·       Merumuskan tahapan teknik supervisi akademik.
·       Menjabarkan tujuan supervisi akademik pada masing-masing lingkup pelaksanaan dan penilaian pembelajaran
·       Menggunakan pendekatan supervisi akademik yang efektif
·       Menyusun mekanisme monitoring dan penilaian supervisi akademik
·       Merumuskan kriteria pencapaian tujuan supervisi akademik (output)
b. Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan memakai pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
·       Melaksanakan supervisi akademik yang didasarkan pada kebutuhan
·       dan dilema aktual yang dihadapi oleh guru
·   Membangun korelasi dengan guru dan semua pihak yang terlibat dalam aktivitas supervisi menurut prinsip-prinsip supervisi akademik
·    Menggunakan pendekatan dan teknik supervisi akademik yang sempurna dan sesuai dengan tujuan supervisi akademik
·       Memecahkan dilema pengembangan pembelajaran supervisi akademik
·       Menggunakan teknologi info untuk mendukung keefektifan supervisi akademik
c.   Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru
·       Merumuskan kriteria pencapaian dampak supervisi akademik (outcome)
·       Mengembangkan instrumen pengukuran pencapaian hasil pribadi (output) supervisi akademik
·       Melakukan analisis hasil penilaian untuk kepentingan tindak lanjut
·       Mengembangkan jadwal tindak lanjut menurut hasil penilaian supervisi akademik
·       Menentukan langkah-langkah supervisi klinis

Download Kisi-kisi Uji Kompetensi Kepala Sekolah / Madrasah tahun 2015, silahkan klik pada links sumber artikel berikut di links berikut atau sanggup juga didownload pada links alternatif dengan klik di sini

Sedangkan untuk melihat sekaligus download/unduh Kisi-Kisi Uji Kompetensi Pengawas Sekolah/Madrasah Tahun 2015 Padamu Negeri pada links artikel berikut. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi..!

No comments:

Post a Comment