Sahabat Operator Dapodikmen yang berbahagia…
Menjelang tahun pelajaran 2015/2016 ini, mekanisme penerimaan dana BOS pada jenjang pendidikan menengah yakni SMA, SMA, maupun SMLB dalam setiap periode penerimaan dana BOS pada jenjang Dikmen ketika ini tentu saja tak jauh berbeda dengan mekanisme sebelumnya, yakni menurut pada data-data peserta yang diinput sekaligus disinkronisasikan oleh Rekan-rekan Operator Dapodikmen yang valid.
Untuk periode mulai bulan Juli hingga bulan Desember tahun 2015, batas selesai / cut off ke-1 BOS SM sebagai dasar pengambilan penerimaan dana BOS pada masing-masing sekolah nantinya.
Terkait dengan hal tersebut, berikut info terupdate yang disampaikan oleh Bpk. Arie Wibowo Khurniawan selaku Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Ditjen Pendidikan Menengah yang ditujukan kepada seluruh Kepala SMA/SMK/SMLB, Kepala MKKS, dan Rekan-rekan Operator Dapodikmen se-Indonesia selengkapnya sebagai berikut :
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah Puji Syukur Kita panjatkan kepada Allah SWT, pada bulan Juni ini kita telah mulai memasuki semester ganjil tahun pedoman 2015/2016 serta memasuki babak gres periode Juli - Desember 2015 penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Sekolah Menengah. Sehubungan dengan hal tersebut, sesudah mencermati Juknis BOS SMA/SMK tahun 2015 diketahui bahwa batas selesai Cut Off ke-1 BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015 ialah tanggal 1 Juli 2015.
Dalam rangka penyuksesan penyediaan Data Pendidikan Menengah untuk penyaluran BOS SM 2015 untuk periode Juli - Desember 2015, Tim Dapodikmen Pusat telah melaksanakan beberapa langkah-langkah sebagai berikut di antaranya :
1. Penyempurnaan Aplikasi Dapdikmen sesuai masukkan dari para operator dapodikmen.
2. Melakukan pengaktifan referensi Semester Ganjil 2015/2016. Dengan demikian sekolah telah sanggup melaksanakan update untuk sanggup login dan melaksanakan proses periodikal pada semester ganjil tahun pedoman 2015/2016. Secara teknis proses periodikal yang sanggup dilakukan ialah (a) melaksanakan proses kelulusan untuk siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015, (b) melaksanakan proses kenaikan kelas, dan (c) melaksanakan up date seluruh data pada semester Ganjil 2015/2016.
Selanjutnya, Kami mohon teman-teman operator dapodikmen segera melaksanakan update data dengan beberapa langkah-langkah teknis sebagai berikut:
1. Login pada semester Genap 2014/2015 kemudian melaksanakan validasi dan sinkronisasi.
2. Setelah selesai sinkronisasi, log out/keluar dari aplikasi kemudian lakukan refresh (ctrl + f5).
3. Silahkan login ke semester Ganjil 2015/2016, kemudian melaksanakan proses update data:
a) Update Data Sekolah
Lakukan update data identitas sekolah dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data yang masih kosong dan edit data yang mengalami perubahan. Data pendukung Identitas sekolah meliputi: data periodik, sanitasi, blockgrant, Yayasan, Program pengajaran dilayani/Paket Keahlian dilayani/Jenis ketunaan, s/d akreditasi.
b) Update Data Sarpras (Sarana Prasarana)
Lakukan update data sarana prasarana dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data ruangan yang belum masuk dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “ Salin semua data periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian data periodik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan.
c) Update Data PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan)
Lakukan update data PTK dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data PTK yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data penugasan di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “ Salin penugasan”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian penugasan PTK yang telah diisikan di Tahun Ajaran sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung PTK meliputi: data Anak, bea siswa, buku yang pernah ditulis dan seterusnya hingga dengan data riwayat jabatan fungsional.
d) Update Data Peserta Didik
Lakukan update data Peserta Didik dan data-data pendukungnya, yaitu dengan melengkapi data Peserta Didik yang belum lengkap dan edit data yang mengalami perubahan. Untuk data periodik di semester Ganjil 2015/2016 ini akan kembali kosong, untuk pengisiannya sanggup memakai tombol “ Salin Data Periodik”. Fungsi tombol ini akan menyalin data isian periodik Peserta Didik yang telah diisikan di semester sebelumnya, selanjutnya tinggal melaksanakan update/edit data yang mengalami perubahan. Cek dan update juga data pendukung Peserta meliputi: data prestasi, beasiswa.
e) Melakukan Proses Kelulusan Kelas XII Tahun Ajaran 2014/2015
Silahkan login ke semester Ganjil 2015/2016 kemudian masuk ke tab Pesera Didik. Pilih dan berikan cek list pada peserta didik yang akan diluluskan, dan selanjutnya klik pada tombol “Proses bersama kelulusan”. Pada window proses kelulusan, isian “Keluar alasannya ialah = pilih “Lulus”, isian “Tanggal Keluar sekolah” = isi “15 Mei 2015”, isian “Alasan” = isi “Lulus”. Proses selengkapnya diuraikan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodikmen.
f) Update Data Rombongan Belajar/Kenaikan Kelas
Sebelum melaksanakan proses Kenaikan Kelas ini, pastikan sudah melaksanakan kelulusan siswa menyerupai point
e). Lakukan Update Data Rombongan Belajar (Rombel)
Dengan melaksanakan proses kenaikan kelas, pada semester Ganjil 2015/2016 maka data rombongan mencar ilmu akan kembali kosong. Silahkan masuk sajian “Kenaikan Kelas” dan lakukan proses kenaikaan kelas untuk seluruh rombongan mencar ilmu kelas X dan XI. Secara teknis sesudah diklik sajian “Kenaikan Kelas” maka ditampilkan form Naik Kelas, pilih salah satu rombel dan klik tombol “simpan dan tutup” , lakukan satu persatu untuk seluruh rombel.
Apabila pada semester Ganjil 2015/2016 terjadi perubahan anggota rombel dikarenakan ada perpindahan siswa atau anggota setiap rombel diatur ulang, maka lakukan perubahan dengan mekanisme mengeluarkan siswa yang pindah/dipindah dari rombel usang kemudian dimasukkan ke rombel yang baru. Pengeditan nama rombel sebaiknya dilakukan sesudah menuntaskan proses kenaikan kelas untuk seluruh rombel. Bila anggota rombel semester ganjil 2015/2016 tidak sama dengan semester sebelumnya (sekolah mengadakan pengacakan anggota rombel), maka langkah yang dilakukan ialah menciptakan Rombel Baru dan memasukkan Siswa ke dalam rombel secara manual, pada jenis registrasi pilih “naik kelas”. Dalam hal ini tombol kenaikan kelas tidak digunakan.
g) Validasi dan Sinkronisasi
Setelah semua proses update data di aplikasi Dapodikmen (di komputer lokal) dilakukan maka proses selanjutnya ialah melaksanakan proses validasi dan sinkronisasi. Pada proses validasi pastikan invalid = 0 (nol) kalau telah melaksanakan penambahan data. Hasil dari update data melalui proses sinkronisasi sanggup dilihat ketika login sebagai operator sekolah di administrasi Dapodikmen (laman:dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.
Demikian info mengenai batas selesai / cut off ke-1 bos sm 2015 periode Juli – Desember Tahun 2015 Dapodikmen pada 1 Juli 2015 yang admin share dari situs dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data…!
No comments:
Post a Comment