Sahabat Edukasi yang berbahagia…
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan yang sistematis dan berkesinambungan untuk memperoleh data dan isu wacana proses dan hasil berguru penerima didik.
Penilaian juga dipakai untuk mengumpulkan data dan isu wacana kekuatan dan kelemahan dalam proses pembelajaran sehingga sanggup dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan dan perbaikan proses pembelajaran.
Dalam pelaksanaanya, kegiatan penilaian proses (formatif) dan hasil berguru (sumatif) menurut Kurikulum 2013 pada tingkat SD sebagian pendidik (guru) mencicipi penilaian sebagai beban terutama dalam hal melaksanakan teknik dan prosedur, pengolahan dan pelaporan hasil penilaian. Pendidik mengharapkan penilaian hasil berguru dalam Kurikulum 2013 sederhana dan gampang dilaksanakan. Hal-hal yang perlu diperhatikan pendidik biar penilaian lebih bermakna dan implementatif dalam merencanakan, melaksanakan, mengolah, melaporkan hasil penilaian, ialah sebagai berikut :
1. Penilaian hasil berguru oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil berguru penerima didik secara berkesinambungan.
2. Penilaian memakai teladan kriteria, yaitu berarti penilaian didasarkan pada ukuran pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
3. Sistem penilaian direncanakan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian, sehingga hasil penilaian sanggup dipakai untuk:
a. Mengetahui pencapaian Kompetensi Peserta Didik;
b. Bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar; dan
c. Memperbaiki proses pembelajaran.
4. Hasil penilaian dianalisis untuk memilih tindak lanjut, berupa perbaikan proses pembelajaran, kegiatan remedial bagi penerima didik yang pencapaian kompetensi di bawah ketuntasan, dan kegiatan pengayaan bagi penerima didik yang telah memenuhi ketuntasan.
5. Sistem penilaian terpadu dimana penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran sehingga harus diubahsuaikan dengan pengalaman berguru yang ditempuh dalam proses pembelajaran. Misalnya, kalau pembelajaran memakai pendekatan observasi lapangan, maka dalam penilaian harus ditekankan pada proses, dengan memakai instrumen observasi, wawancara, produk, dan penugasan lainnya.
Download selengkapnya Pedoman Penilaian SD Kurikulum 2013 selengkapnya silahkan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!
No comments:
Post a Comment