Saturday, March 24, 2018

Paket Lengkap Imbas Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Apotek Di Wilayah Banjarnegara


Abstrak: Pelayanan kefarmasian ketika ini telah semakin berkembang seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Oleh alasannya yaitu itu, Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan akan dituntut tidak hanya mengedepankan sisi produk saja terkait harga dan kelengkapannya, lebih dari itu pelayanan akan menjadi tuntutan bagi pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan analitik yang bertujuan untuk meneliti efek kualitas pelayanan terhadap kesetiaan pelanggan. Desain dari penelitian ini yaitu cross sectional. Pengumpulan data dikumpulkan melalui kuesioner secara accidental sampling terhadap 217 responden. Analisis data dilakukan dengan melaksanakan uji validitas dan reabilitas terhadap pertanyaan yang hendak dipakai sebagai alat evaluasi selanjutnya peneliti memakai analisis regresi linier berganda untuk mengetahui besarnya efek kualitas pelayaan yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jamina dan tenggang rasa baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen di Apotek Wilayah Banjarnegara. Hasil penelitian ini ditunjukan dari hasil pengujian hipotesis yang mengambarkan nilai F hitung > F yaitu 18,740 > 2,256 atau p-value < 0,05 (0,000 < 0,05) yang berarti variable reliability, responsiveness, tangibles, assurance, dan empathy besar lengan berkuasa signifikan secara simultan terhadap Loyalitas konsumen di Apotek Wilayah Banjarnegara. tabel
Kata Kunci: Apotek, Kualitas pelayanan (Kehandalan, Ketanggapan, Jaminan, Perhatian, Penampilan fisik), Loyalitas
Penulis: Reni Vidiarti, Anjar Mahardian, Githa Fungie Galistiani
Kode Jurnal: jpmanajemendd161104

No comments:

Post a Comment