Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) segmentasi pasar rokok Mild berdasarkan atribut produk; (2) merek produk rokok Mild yang ada pada masing-masing segmen; (3) merek produk rokok Mild yang paling diminati konsumen; (4) atribut yang membedakan segmentasi pasar rokok Mild. Responden penelitian adalah 105 orang konsumen rokok Mild di Jember. Alat analisis yang digunakan adalah analisis kluster dan analisis diskriminan. Hasil penelitian menawarkan bahwa: (1) konsumen rokok Mild terbagi atas dua segmen, yaitu konsumen yang kurang memperhatikan atribut dan konsumen yang mempertimbangkan atribut produk; (2) rokok LA Mild, GG Mild, A Mild, dan Pro Mild mempunyai kemiripan dalam posisinya di benak konsumen, sementara rokok Class Mild mempunyai perbedaan dengan keempat jenis rokok Mild lainnya; (3) produk rokok Mild yang paling diminati konsumen adalah LA Mild; (4) atribut produk yang membedakan segmen rokok di Kota Jember yaitu merek, kemasan, harga, tar dan nikotin, serta aroma. Harga merupakan atribut yang paling membedakan antar segmen rokok Mild di Jember.
Kata Kunci: Merek, Kemasan, Harga, Cita rasa, Aroma, Tar dan Nikotin
Penulis: M. Ayson Teguh Alfian, Sudaryanto
Kode Jurnal: jpmanajemendd151604
No comments:
Post a Comment