Sunday, June 2, 2019

Terbaik Tahapan Alir Pegoperasian Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 Tahun Aliran 2015/2016

Tahapan Alir Pegoperasian Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 Tahun Ajaran 2015/2016

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia...

Panduan singkat ini menjelaskan tahapan mengoperasikan aplikasi dapodikdas secara garis besar, untuk lebih detil dan lengkap baca manual aplikasi dapodik versi 4.0.0. Tahapan ini dibentuk untuk memandu dan memudahkan operator sekolah dalam mengupdate data di tahun anutan 2015-2016 dari data awal tahun anutan sebelumnya.

Berikut diagram alir tahapan pengoperasian Aplikasi Dapodikdasa V.4.0.0 Tahun 2015, sebagaimana Diagram alir tahapan 2015, sebagaimana diagram alir tahapan di bawah ini :


Ketentuan awal :

1.   Kode pendaftaran masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, pastikan koderegistrasi ini bersifat rahasia, unik dan tidak diketahui oleh orang-orang yang tidak berkepentingan
2.   Jika koderegistrasi ini bocor/ DIKETAHUI OLEH ORANG LAIN YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB hubungi dinas pendidikan setempat untuk dilakukan reset ulang koderegistrasi. Dampak dari reset koderegistrasi akan mencegah pengiriman data dari koderegistrasi lama.
3.   Sebelum insstal versi 4.00 harus dilakukan unistalasi aplikasi versi sebelumnya (3.03)
4.   Prosedur instalasi dan generate ulang prefill sama dengan aplikasi sebelumnya.
5.   Pastikan 1 sekolah hanya terinstal di 1 komputer, namun 1 komputer sanggup dipakai lebih dari 1 sekolah dengan memakai aba-aba pendaftaran yang berbeda (mengakomodir sekolah yang tidak mempunyai computer).
6.   Selalu mengusut web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk menjamin kesesuaian data di lokal aplikasi dengan di data yang diterima di server KEMDIKBUD.
7.   Pastikan data = fakta tanpa ada rekayasa, selalu memutakhirkan data sesuai dengan dinamika data yang ada di sekolah.
8.   jika berpindah-pindah computer lakukan Siklus generate sync -ulang prefill. Prefill usang akan hilang dengan sendirinya sehabis di pendaftaran (jangan dikoleksi/disimpan)
9.   Validasi di aplikasi tidak mencegah sinkronisasi , namun pastikan validasi = 0 untuk menjamin kualitas data sekolah anda lengkap, benar, mutakhir dan shahih.
10.    Koneksi internet hanya diharapkan ketika melaksanakan sinkronisasi,
11.    Manfaatkan mekanisme tambah penerima didik secara ONLINE (baca penjelasan) semoga memudahkan operator bekerja secara efektif dan efisien (tidak input ulang dari awal)

Penjelasan :

A. Uninstall versi 3.03 dan install aplikasi versi 4.00

1.   Lakukan uninstall aplikasi versi 3.03
2.   install aplikasi 4.00
3.   registrasi dengan memakai koderegistrasi , gunakan email aktif untuk didaftarkan sebagai pengguna dapodik, email ini akan dipakai pengguna di aplikasi-aplikasi pemanfaatan data dapodik
4.   klik icon/shortcut dapodik atau buka browser kemudian ketik http://localhost:8080
5.   aplikasi dapodik akan terbuka
6.   tekan ctrl+f5 untuk memastikan penyegaran aplikasi sesuai dengan aplikasi yang gres , aplikasi dapodik versi 4.00 akan muncul

B. Generate ulang prefill

1.   Lakukan generate ulang prefill di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_dapodik tunggu beberapa ketika hingga dengan muncul unduhan file prefill nya
2.   Unduh prefill pastikan namanya tidak mengandung duplikasi (1) / (2)
3.   Buat folder di c:/ dengan nama “prefill_dapodik, letakkan file tersbut di direktori c:/prefill_dapodik
4.   Pastikan nama prefill nya tidak ada duplikat copy yang berakhiran (…(angka)) pola salah :

C. Registrasi dan login

1.   Buka aplikasi dan pilih tombol pendaftaran , lengkapi form isian registrasi, pastikan email yang diinputkan aktif dan password yang kondusif , alasannya username dan password ini akan dipakai untuk saluran login ke aplikasi-aplikasi pemanfaatan dapodik
2.   Masukkan koderegistrasi yang sesuai , kllik login
3.   Tahapan ini sanggup bekerja secara online maupun offline

D. Luluskan PD tingkat final dan naikkan kelas PD

1.   Tahap pertama perhatikan kelengkapan datanya, data yang akan muncul yaitu data tahun anutan sebelumnya terakhir operator melaksanakan sinkronisasi, pastikan sesuai dan lengkap sesuai sinkronisasi terakhir tahun anutan lama.
2.   Buka masing masing tab, Sekolah – prarasana – Peserta Didik – PTK –Rombel.
3.   Rombel tahun kemudian Nampak “hilang” tersembunyi alasannya terdaftar sebagai “histori”
4.   Buka tabel rombel, klik fitur action hidangan luluskan PD tingkat final secara kolektif (bersamaan) dengan memakai fitur tersebut.
5.   Fitur ini akan mengeluarkan penerima didik kelas ahir secara bersamaan/kolektif per rombel. Lakukan untuk seluruh rombel tingkat akhir. Lengkapi isian tanggal keluar/ lulus dan tuliskan alasan “lulus”
6.   Jika ada anak yang tidak lulus, fitur tersebut masih tetap sanggup digunakan, caranya buka tabel PD keluar – cari anak tersebut –batalkan . kemudian penerima didik tinggal kelas akan muncul kembali di tabel PD. Masukkan PD tinggal kelas tersebut kedalam rombel dengan status tinggal kelas.
7.   Lakukan hal ini, untuk semua rombel tingkat akhir
8.   Naikkan secara kolektif penerima didik lainnya , dengan fitur action hidangan – kenaikan kelas dengan catatan kelompok romebl penerima didik nya tidak diacak. Jika diacak, jangan gunakan fitur ini tapi gunakan metode tambah rombel gres ibarat biasa.

E. Tambah PD/peserta didik baru

1.   Jika mekanisme kenaikan dan kelulusan selesai kita beranjak ke penerima didik baru. Tambah penerima didik gres di bagi 2 metode : OFFLINE (lewat aplikasi dapodik) dan ONLINE lewat aplikasi web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id
2.   Metode OFFLINE memakai applikasi dapodik ibarat biasa, sama dengan cara sebelumnya.
3.   Metode ONLINE memakai web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id. tujuan metode ini semoga penerima didik gres tidak perlu input ulang dari awal lagi, dengan cara mencari penerima didik gres tersbut di sekolah lamanya.
4.   Motode ini berlaku dengan beberapa persyaratan dan tahapan:
-     Hanya dipakai untuk penerima didik Sekolah Menengah Pertama kelas 7 (peserta didik baru) atau mutasi
-     Sekolah usang PD tersebut sudah di keluarkan dari sekolah usang (lulus/mutasi)
-     Hanya dilakukan dengan cara full online (lewat website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id)
-     Cari sekolah usang  prop-kab-kota-kec-nama sekolah, kemudian lakukan pencarian penerima didik menurut nama atau NISN,
-     PASTIKAN penerima didik yang di temukan yaitu benar periksa detil penerima didik semoga menjamin penerima didik tersebut yang di maksud sebelum di lakukan perintah pindah/masuk ke sekolah anda.
-     Setelah di sanksi lewat web tersebut (sampai dengan tahap konfirmasi), lakukan sync di aplikasi semoga sanggup menurunkan penerima didik yang dimaksud. Secara otomatis penerima didik yang dipindahkan secara online akan turun semua ke aplikasi.
-     Periksa kelengkapan atribut data penerima didik gres tersebut bila ada yang kurang segera lengkapi.
-     Lakukan mapping ke dalam rombel sesuai dengan tingkatnya.
-     Lakukan sync untuk mengupdate data penerima didik gres tersebut.
-     Periksa hasil sync terakhir di web dapo.dikdas.kemdikbud.go.id, pastikan isi data di web sudah sesuai dan lengkap sesuai dengan di aplikasi dapodik sekolah.
5.   Setelah mekanisme PD Baru selesai kini beralih ke tabel PTK, Lakukan salin penugasan di action hidangan pada tabel PTK. Hal ini untuk menyalin penugasan PTK di tahun sebelumnya
6.   Periksa kelengkapan PTK, mapping ulang penugasan PTK di pembelajaran di tabel ROMBEL sesuai dengan SK pembagian kiprah mengajar oleh KEPSEK.
7.   Periksa kelengkapan tabel prasarana dan sarana bila ada yang kurang segera lengkapi

F. Pastikan Validasi 0

1.   Validasi dalam aplikasi dapodik ini tidak mencegah pengiriman data tapi bertujuan untuk menjamin data invalid masuk ke server pada ketika sinkronisasi online.
2.   Untuk menjamin validitas data sekolah, anda pastikan validasi = 0

G. Sinkronisasi

1.   Jika pengguna sudah terkoneksi internet, maka akan terlihat tampilan [Koneksi Anda dengan Internet : CONNECTED] berwarna hijau, namun bila pengguna tidak terkoneksi internet maka tampilan yang akan telihat yaitu [Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED] berwarna merah.

Demikian beberapa langkah / tahapan-tahapan kerja memakai aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 pada semester I tahun anutan 2015/2016 menurut Manual Aplikasi Dapodikdas V.4.0.0 Tahun 2015. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Satu Data Berkualitas...!

No comments:

Post a Comment